Si Kuning Meriah!!!

IMG_20160825_091820Sajian istimewa dari ciri khas produk dalam negeri, diperlombakan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 71, salah satu diantaranya adalah lomba tumpeng. Lomba tingkat Kecamatan se-Kecamatan Ciamis, cukup menarik daripada tahun-tahun sebelumnya, karena selalu saja ada yang berbeda dan yang baru, kamis (25/08/2016)

Ibu Camat dkk, kali ini bertindak sebagai juri pada lomba tumpeng tersebut, dan satu persatu tumpeng yang berjejer tersebut, dicicipi untuk diketahui kenikmatan serta aroma maupun dilihat secara langsung model hiasannya.

IMG_20160825_091855

Dra. Hj. Endah Anita, selaku ketua panitia lomba tumpeng, yang juga sehari-hari bekerja sebagai Sekmat menerangkan, yang akan menjadi penilai kreasi ibu-ibu terdiri dari 3 juri.

Lanjutnya, jumlah peserta lomba juga variatif, ada 1 kelurahan yang menurunkan 1 hingga 3 tumpeng, tetapi ada juga yang hanya 1 saja, itu dikarenakan pihak panitia membebaskan tiap-tiap peserta untuk berkreasi dan mengikuti lomba sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Dari semua tumpeng yang disajikan, mayoritas semua tumpeng bertemakan HUT RI, tetapi adapula yang bertema lain, seperti hanya sekedar gunungan berwarna kuning atau tumpeng yang disekitarnya penuh dengan wortel atau ketimun, tetapi pada ujungnya semua adalah hak preogratif juri dalam menentukan tumpeng mana yang berhak menyandang predikat tumpeng terbaik.

Dan hasil penilaian juri, memutuskan pemenang pertama adalah Desa Pawindan, kedua Desa Imbanagara, dan ketiga Kelurahan Ciamis. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah dan tropi. Tujuan lomba ini sebenarnya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingya konsumsi pangan beragam, kreatifitas dalam mengembangkan olahan dan membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis olahan pangan dengan porsi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

Untuk melihat foto-foto lainnya kegiatan ini silahkan (klik disini)