PELAYANAN AKTA KELAHIRAN

a. Persyaratan
1) Foto copy Akta Nikah (bagi orang tua yang sudah bercerai dengan menggunakan Akta Cerai) yang telah dilegalisir KUA *apabila tidak bisa memberikan Surat Akta Nikah atau Itsbat maka Anak Merupakan Anak Ibu
2) Untuk anak yang tidak diketahui asal usulnya persyaratan pembuatan akta harus dilengkapi dengan Surat Keterangan dari Kepolisian (menjelaskan asal usul anak) dan dokter (menjelaskan perkiraan usia anak)
3) Fotocopy Kartu Keluarga / Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisir
4) Foto copy KTP Ayah dan Ibu, jika usia diatas 17 tahun menggunakan KTP Sendiri
5) 2 Orang Saksi Pencatatan Pelaporan Kelahiran berikut foto copy KTP yang Masih Berlaku
6) Surat Keterangan Lahir dari Kepala Desa / Lurah, Dokter, Bidan, Rumah Sakit yang disahkan di desa / kelurahan
7) Surat Kuasa Bermaterai Rp 6.000,- apabila pencatatan dikuasakan
8) Mengisi Formulir Permohonan Pencatatan Kelahiran bermaterai Rp 6.000,-

b. Biaya
Gratis (Tidak dipungut Biaya)

c. Tempat Pelayanan
Tempat Pelayanan di Ruang Pelayanan Terpadu (Kec. Ciamis)

d. Waktu Pelayanan :
– Hari Senin .s/d Kamis Jam 07.30 s/d . 15.30 WIB
– Hari Jumat Jam 07.30 s/d 11.00 WIB – Jam 13.00 s/d 14.30 WIB

e. Lamanya Waktu Pelayanan
30 Menit (Waktu Efektif)

f. Prosedur Pengajuan
1) Pemohon datang ke Pelayanan terpadu Kecamatan dengan membawa formulir Keterangan Kelahiran dari Kepala Desa dan lampirannya
2) Custamer Service loket I menerima permohonan dan lampiran, diverifikasi dan diserahkan ke petugas regristasi
3) Petugas regristasi memberikan formulir dan berkas kepada Camat (atau pejabat yang ditunjuk) untuk di paraf (disetujui bahwa pemohon memenuhi syarat untuk diterbitkan KTP), diserahkan kembali kepetugas regristasi.
4) Petugas regristasi melakukan balidasi dan pencetakan, meminta tanda tangan ke Pemohon, menyerahkan akta jadi ke Custamer Service loket I
5) Custamer Service loket I menyerahkan akta jadi ke Pemohon

 

DOWNLOAD FORMULIR AKTA KELAHIRAN BARU DI BAWAH INI KLIK: